Press "Enter" to skip to content

Apakah Penting Vitamin dan Suplemen Tambahan untuk Anak-Anak?

Tahukah kalian jika makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak setiap hari belum tentu memenuhi semua kebutuhan tubuhnya akan vitamin yang mencukupi. Oleh karena itu, agar dapat menunjang tumbuh kembangnya, anak perlu tambahan vitamin ataupun suplemen agar perkembangan tubuhnya bisa maksimal.

Vitamin adalah salah satu sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak-anak. Vitamin dapat kita temukan di berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi anak sehari-hari. Nutrisi yang dibutuhkan anak-anak bisa tercukupi jika kita menerapkan pola makan yang sehat. Ada berbagai pola makan yang sehat yang bisa kita terapkan untuk anak yaitu:

-Mengkonsumsi gandndum dan beras merah yang kita tahu beras merah sangat baik untuk tubuh

-Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein

-Mengkonsumsi berbagai jenis buah dan sayur yang berwarna hijau

-Mengkonsumsi susu dan produk makanan yang berbahan susu seperti keju dan yogurt.

Makanan cepat saji dan olahan yang mengandung tinggi karbohidrat dan protein. jika kita sering memberikan olahan makanan cepat saji kepada anak-anak secara berlebihan maka akan menyebabkan anak mengalami obesitas atau kegemukan. Sehingga kita sebagai Orang tua harus bisa menjaga pola makan anak yang sehat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada anak dan dapat mencegah terjadinya kegemukan.

Bagaimana kondisi anak yang memerlukan suplemen dan vitamin tambahan?

Terkadang masih banyak orang tua yang mengabaikan kebutuhan nutrisi pada anak atau tidak mengetahui kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak-anak. Oleh sebab ini dokter merekomendasikan untuk mengkonsumsi multivitamin atau suplemen kepada :

Anak-anak yang tidak mengkonsumsi makanan secara teratur.

Anak-anak yang mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang memiliki kandungan soda.

Anak-anak yang vegetarian (kemungkinan memerlukan asupan zat besi), ada anak yang alergi akan susu dan makanan yang mengandung susu (kemungkinan memerlukan asupan kalsium tambahan), atau anak yang memiliki alergi terhdap makanan tertentu.

Anak yang banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan.

Anak yang rewel saat akan memakan suatu jenis makanan yang akan dikonsumsi

Anak yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti penderita asma atau masalah pencernaan, terutama anak yang mengkonsumsi obat dokter secara teratur atau rutin. Jika memiliki anak seperti ini maka orang tua perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk menentukan vitamin atau suplemen yang cocok untul tambahan yang dibutuhkan oleh anak.

One Comment

  1. […] coba beralih ke makanan yang bergizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak mengandung vitamin. Saat kita makanan yang banyak mengandung gizi maka tubuh kita akan lebih sehat. Hindari makanan […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.