Press "Enter" to skip to content

Cara Melilih Suplemen Herbal Yang Aman Untuk Tubuh

Berbagai macam jenis tumbuhan memiliki banyak manfaat terutama untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Namun tidak semua jenis suplemen aman untuk dikonsumsi di beberapa kondisi yang memerlukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen herbal, seperti jika dibarengi dengan kondisi saat sedang mengkonsumsi obat yang direspkan dokter, saat sedang megandung, ataupun sedang menyusui, akan mengalami atau setelah oprasi, dan orang yang berusia dibawah 18 tahun atau orang yang diatas 65 tahun.

Suplemen herbal apa saja yang sudah kalian ketahui?

Pada dasarnya suplemen herbal banyak berasal dari berbagai jenis tumbuhan. Tumbuhan juga sudah dari jaman daluhu gigunakan untuk tujuan pengobatan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Namun, suplemen herbal belum melewati pengawasan ilmiah yang diatur secara ketat sebagai obat.

Di Indonesia sendiri suplemen atau biasa disebut obat herbal dibagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Obat Tradisional

Obat tradisional adalah obat yang menggunakan bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan yang didapat dari berbagai jenis tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, dan berbagai bahan campuran dari hewan maupun tumbuhan itu sendiri, yang secara turun temurun sudah dipakai sejak dahulu untuk pengobatan berdasarkan pengalaman yang sudah ada. Contohnya seperti yang sering kita jumpai ataupun sering kita konsumsi adalah jamu gendong atau biasanya pembuatan obat tradisional dirumah.

  • Obat Herbal terstandar

Obat herbal terstandar adalah persediaan obat bahan alami yang sudah dibuktikan keamanannya dan khasiatnya secara ilmiah dengan sudah melewati uji praklinik dan bahan baku yang digunakan sudah distandarisasi.

  • Sediaan galenik/ekstrak

Sediaan galenik atau ekstrak adalah sediaan yang berbentuk kering, kental ataupun cair yang dibuat dengan mencari simplisia nabati atau hewani menurut cara yang cocok, diluar pengaruh cahaya matahari langsung. karena cahaya matahari dapat mempengaruhi kualitas tersebut.

  • Fitofarmaka

Fitofarmaka adalah sediaan obat bahan alam yang sudah terbukti keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan berbagai uji praklinik dan uji klinik. dan juga produksi yang telah menjadi suatu produk sudah distandarisasi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita akan mengkonsumsi sebuah suplemen herbal :

1. Jika kita ingin mengkonsumsi suatu suplemen maka kita harus melakukan pemantauan terhadap tubuh dengan hanya menggunakan 1 jenis suplemen herbal untuk memastikan efektivitasnya pada tubuh. Jika jika mengkonsumsi lebih dari 1 jenis suplemen herbal biasanya jika ada salah satu yang tidak cocok ditubuh maka kita tidak tahu mana suplemen yang cocok atau tidak.

2. Mengikuti anjuran dari dokter ataupun apoteker tentang cara penggunaan obat atau suplemen herbal yang kita konsumsi.

3. Pastikan jika kita ingin mengkomsumsi obat atau herbal harus sudah memiliki izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Jika tidak memiliki izin BPOM maka perlu dicurigai bahwa produk tersebut adalah produk ilegal.

4. Ketika ingin mengkonsumsi obat atau suplemen herbal perhatikan informasi yang terdapat pada brosur dan kemasan. Pahami bahan-bahan suplemen herbal apa saja yang akan dikonsumsi. jika ada bahan yang tidak dimengerti maka bisa berkonsultasi kepada dokter atau apoteker.

5. jika kita ingin membeli obat atau suplemen herbal cari tempat yang paling terjamin, yaitu di apotek. Penyimpanan obat atau suplemen lebih terjamin sehingga suplemen yang kita terima dalam kondisi yang baik.

Comments are closed.