Press "Enter" to skip to content

Jenis Karbohidrat Yang Baik Untuk Diet

Karbohidrat adalah kandungan makanan yang paling dihindari untuk orang yang berkaitan dengan menurunkan berat badan. Kebanyakan orang menganggap bahwa karbohidrat bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas bahkan bisa menimbulkan penyakit diabetes tipe 2. Namun harus diketahui bahwa tidak semua karbohidrat memberikan dampak buruk untuk tubuh. Karbohidrat alami dapat ditemukan pada buah-buahan,sayuran,susu,kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Apa itu karbohidrat?

Karbohidrat merupakan sejenis makronutrien yang biasa ditemukan pada makanan dan minuman. Sebagian besar karbohidrat itu terkandung dalam makanan nabati yang alami seperti biji-bijian.

Sumber karbohidra dapat dibagi menjadi tiga kategori yaitu:

  • Gula

Gula adalah makanan yang paling sederhana dari karbohidrat dan terjadi secara alami pada beberapa makanan yang sering kita jumpai seperti buah-buahan, sayuran, susu, dan produk olahan susu lainnya. Gula terbagi menjadi tiga jenis yaitu fruktosa,sukrosa, dan laktosa.

  • Serat

Serat juga merupakan karbohidrat yang komplek. Serat alami yang terdapat di berbagai jenis buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang yang diolah menjadi kering, dan kacang polong yang sudah dimasak.

  • Pati

Pati merupakan serat yang komples juga yang terdapat di beberapa gula yang disatukan. Pati alami dapat diperoleh dari berbagai jenis sayuran, biji-bijian, dan kacang yang sudah diolah menjadi kering.

Apa saja fungsi karbohidrat didalam tubuh :

Karbohidrat merupakan nutrisi yang paling penting bagi kesehatan tubuh manusia. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat dari karbohidrat:

  • Sebagai sumber energi

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama yang diperlukan oleh tubuh manusia. Pada proses pencernaan gula dan pati dibagi menjadi gula sederhana. Kemudian pati tersebut diserap oleh tubuh kedalam aliran darah dan dikenal sebagai gula darah (glukosa darah). Glukosa tersebut akan memasuki kedalam sel tubuh dengan bantuan insulin. Glukosa sendiri digunakan oleh seluruh sel tubuh sebagai sumber energi bagi tubuh. Kelebihan dari glukosa akan disimpan di hati, otot dan sel lainnya untuk digunakan dan nantinya akan diubah menjadi lemak.

  • Melindungi tubuh dari Berbagai penyakit

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa biji-bijian dan serat makanan yang diperoleh dari keseluruhan makanan yang biasa kita konsumsi bisa membantu mengurangi resiko penyakit. Serat juga dapat menurunkan faktor resiko dari obesitas dan diabetes tipe 2. Serat juga dapat mengoptimalkan kesehatan pencernaan.

  • Mengontrol berat badan

Dapat dibuktikan bahwa saat anda seimbang mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengendalikan berat badan. Serat sendiri dapat mengendalikan berat badan dengan cara memperpanjang rasa kenyang dengan jumlah kalori lebih sedikit.

Benarkah bahwa karbohidrat dapat menjadi pemicu dari obesitas?

Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar karena terdapat beberapa faktor yang dapat menyangkal pernyataan tersebut. Jika menambahkan gula dan mengkonsumsi berbagai jenis karbohidrat olahan maka dapat meningkatkan obesitas, Tetapi kondisi tersebut tidak sama ketika karbohidrat yang dikonsumsi mengandung serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi karbohidrat yang tiggi akan serat maka dapat memperpanjang rasa kenyang dan dapat mengontrol berat badan.

Cara memilih karbohidrat yang benar

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memiliki pola makan atau diet yng seimbang supaya program diet yang sedang dijalankan akan berhasil dan dapat menjalankan pola hidup yang sehat. Berikut ini beberapa tips untuk memilih karbohidrat yang tepat.

  • Pilihlah buah dan sayuran yang kaya akan serat dan nutrisi
  • Pilihlah biji-bijian
  • Pilihlah produk susu yang rendah lemak
  • Pilihlah berbagai kacang-kacangan
  • Membatasi penambahan gula

Comments are closed.