Press "Enter" to skip to content

Jenis Tanaman Obat-Obatan Yang Wajib Ada Dirumah

Orang yang tinggal di desa biasaanya saat mereka sakit mereka tidak langsung pergi ke dokter tetapi banyak orang yang mencoba melakukan pengobatan menggunakan herbal. Tanaman obat-obatan banyak jenisnya.

Dari sekitar 40 ribu jenis obat tradisional yang terkenal didunia 30 ribunya diyakini berada di Indonesia. Meskipun demikian hanya 9 ribu spesies obat herbal yang diduga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Apa saja tanaman obat-obatan yang dapat ditanam sendiri dirumah dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan?

Apa itu tanaman obat?

Tanaman obat adalah jenis tanaman yang dapat diambil khasiatnya mulai dari isi tanaman, seperti daun,batang,buah,umbi (rimpang), ataupun akarnya yang dapat digunakan sebagai obat, bahan, atau ramuan-ramuan obat.

Apa saja manfaat tanaman obat bagi kesehatan tubuh ?

Tanaman obat biasanya dimanfaatkan mulai dari akar,batang, daun, hingga akarnya. Sehingga hanya dari satu jenis obat herbal saja sudah memiliki banyak khasiat yang berbeda-beda untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa bagian dari tanaman obat yang dapat digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda, seperti:

  1. Bagian dari tanaman yang diekstraksi dan ekstrak tanaman tersebut digunakan sebagai obat.
  2. Bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan obat herbal atau jamu.
  3. Bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan utama bahan baku pembuatan obat.

Obat herbal memiliki banyak efek pada sistem metabolisme pada tubuh manusia. Mulai dari memberikan efek analgesik, antioksidan, hingga antiradang.

Jenis tanaman obat yang populer di Indonesia dan bisa ditanam sendiri dirumah

Kementrian Pertanian Republik Indonesia menyatakan bahwa ada 15 jenis tanaman obat-obatan yang dibudidayakan di indonesia. Diantara Kelima belas jenis tanaman obat tersebut adalah :

  1. Jahe
  2.  Lengkuas (laos)
  3.  Kencur
  4. Kunyit
  5. Lempuyang
  6. Temulawak
  7. Temuireng
  8. Temukunci
  9. Dlingo atau Dringo
  10. Lidah Buaya
  11. Sambiroto
  12. Kejibeling
  13. Mahkota dewa
  14. Mengkudu
  15. Kapulaga

Ini adalah beberapa tanaman obat-obatan yang bisa dibudidayakan atau ditanam sendiri dirumah, Yaitu:

1. Jahe

Jahe adalah saah satu tanaman obat-obatan yang populer di indonesia karena telah dikenal lama akan manfaatnya yang banyak bagi kesehatan. Jahe sendiri dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut, mual-muntah pusin akibat vertigo sakit kepala, nyeri pada haid dan masih banyak lagi.

2. Kunyit

Kunyit juga merupakan sebagai tanaman obat-obatan yang populer dan sebagai bahan pada masakan. Kunyit biasanya digunakan sebagai jamu hingga untuk kecantikan. manfaat kunyit bagi kesehatan mulai dari sebagai anti radang dan anti oksidan, bisa sebagai menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, Menurunkan kadar gula darah, mengurangi resiko penyakit jantung hingga bisa juga sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker.

3. Lengkuas (laos)

Lengkuas atau biasa disebut dengan laos mengandunggslangin, beta-sitosterol, dan flavonoid lainnya yang baik bagi tubuh. Adapun manfaat laos bagi kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan, mengurangi rasa nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pada pria dan berpoensi sebagai anti kanker.

4. Kencur

Kencur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai penambah nafsu makan dan penambah stamina tubuh, memperlancar haid pada wanita dan masih banyak lagi.

5. Temulawak

Temulawak memiliki berbagai jenis manfaat bagi tubuh diantaranya adalah untuk mengatasi perut kembung setelah makan, mengatasi gangguan pencernaan, dan sebagai penambah nafsu makan.

Comments are closed.