Press "Enter" to skip to content

Kesehatan Lingkungan Sekitar

Kesehatan merupakan salah satu yang diberikan oleh sang pencipta kepada hamba-Nya. Maka hendaknya kita sebagai umat manusia yang telah diberi akal pikiran untuk seraya menjaga dan memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungan. Kalau lingkungan disekitar kita bersih maka kita akan terbebas dari penyakit karena kesehatan tidak ternilai harganya. Terkadang waktu kita sedang sehat, kita lupa akan nikmat tersebut dan ketika kita sakit maka kita baru sadar dan mengerti bahwa kesehatan itu sungguh sangat berharga.

Kita dapat mendapatkan tubuh yang sehat dengan cara berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta didukung oleh lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat seringkali tidak kita perhatikan karena kesibukan yang kita miliki atau memiliki waktu bekerja yang padat sehingga lingkungan sekitar tidak dijaga kebersihannya atau terabaikan. Akibat dari lingkungan yang kurang sehat dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit, salah satu dampak dari kurangnya kita menjaga kebersihan lingkungan adalah penyakit demam berdarah atau (DBD). Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian pada seseorang.

Kesehatan lingkungan sangat penting untuk kita jaga bersama dan juga pada setiap kalangan masyarakat harus mempunyai kesadaran betapa penting dan berhaganya kesehatan lingkungan untuk kita semua. Jika lingkungan sekitar kita bersih maka kita juga yang menikmatinya.

Tujuan dan kesehatan ruang lingkup lingkungan dapat dibagi menjadi dua, yaitu secara umum dan secara khusus.

Tujuan dan ruang lingkup kesehatan lingkungan secara umum, antara lain adalah :

1. Melakukan koreksi atau perbaikan dari setiap masyarakat terhadap segala bentuk bahaya dan ancaman kesehatan yang dapat mengancam kesejahteraan hidup manusia.

2. Melakukan berbagai kegiatan atau program yang menunjang lingkungan untuk tetap asri atau nyaman dengan menerapkan program terpadu atau bisa juga menggerakkan gerakan menanam 1000 pohon untuk mengurangi berbagai bencana alam ataupun juga dari berbagai wabah penyakit.

3. Melakukan upaya pencegahan dengan cara mengatur sumber-sumber lingkungan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Adapun kegiatan tersebut adalah gotong royong untuk membersihkan lingungan sekitar.

 Adapun tujuan dan ruang lingkup secara khusus meliputi usaha-usaha perbaikan atau pengendalian hidup manusia, yang di antaranya berupa:

1. Menyediakan air bersih yang cukup untuk warga yang terkena dampak banjir supaya dapat memenuhi persyaratan kesehatan di masyarakat.

2. Memproduksi makanan dan minuman dalam skala besar supaya dapat dikonsumsi secara luas oleh masyarakat.

3. Pencemaran udara yang disebabkan oleh asap kendaraan,sisa pembakaran BBM, kebakaran hutan, batu bara, dan gas beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup lain dan menjadi penyebab terjadinya perubahan ekosistem.

4. Limbah cair ataupun padat yang berasal dari berbagai industri ataupun juga dari berbagai limbah dari rumah tangga, pertanian, peternakan, rumah sakit, dan masih banyak lagi limbah cair ataupun padat yang dapat merusak lingkungan sekitar menjadi kotor.

5. Survei yang dilakukan oleh pemerintah setempat untuk mlakukan perencanaan, pemantauan, dan evaluasi program kesehatan lainnya untuk menunjang masyarakat yang sehat dan bebas dari penyakit.

6. kesehatan kerja yang harus kita jaga,kebisingan, dan radiasi

7. Melakukan pembangunan untuk masyarakat yang kurang mampu berupa rusun-rusun yang dapat ditempati oleh mereka untuk memenuhi syarat kesehatan.

8. Kontrol terhadap arthropoda dan rodent yang menjadi vector penyakit dan memtuskan rantai penularan penyakitnya.

Comments are closed.